Thursday, September 29, 2016

Keuntungan dan Kelebihan Memiliki Situs Jual Beli untuk Usaha

Keuntungan dan Kelebihan Memiliki Situs Jual Beli - Di zaman yang serba digital ini sistem pemasaran memang berkembang begitu pesat. Sekarang sudah tidak zaman lagi pemasaran door to door lewat sales. Era digital lebih didominasi dengan situs belanja online untuk transaksi jual beli.

Keuntungan Memiliki Situs Jual Beli
Sebagai pelaku bisnis tentu saja kita harus mengikuti perkembangan tersebut. Ini karena konsumen pun cenderung beralih ke dunia digital dalam mencari kebutuhan apapun. Pesan atau belanja lewat online di internet sekarang bukan sesuatu yang asing.

Banyak dari kita yang masih setengah hati saat diberi saran untuk membuka toko online meski kita melakukan bisnis jual beli. Jangan hanya mengandalkan promosi dengan media sosial, berjam-jam menghabiskan waktu melakukan update yang belum tentu dilihat orang.

Tahukah anda, hal ini sangat menyedihkan memang jika hanya mengandalkan dari sisi promosi untuk promosi usaha anda. Coba lihat toko-toko besar, mereka memiliki situs jual beli sendiri dan sekaligus mempromosikan produknya di media sosial, hasilnya tentu tidak bisa disamakan dengan bisnis kita.

Kenapa kita harus memiliki sendiri toko online tersebut? Sebenarnya tidak harus namun jika kita ingin membidik pasar yang lebih luas dan tidak terbatas daerah maka cara ini memang sangat efektif jika diterapkan. Dengan memiliki situs jual beli sendiri maka kita bisa mempromosikan barang dagangan kita ke berbagai orang di belahan daerah lain.

Hal ini tentu sangat efektif untuk meningkatkan persentase penjualan kita. Tapi sebelum kita memutuskan memulai hal ini ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu mengenai toko online tersebut. Akan kita pelajari apa saja keuntungan dan kelebihan media promosi ini agar kita yakin dalam menjalankannya. Coba amati beberapa situs berikut!

1) Situs jual beli barang bekas online
2) Situs jual beli online terpercaya
3) Situs jual beli mobil
4) Situs jual beli motor
5) Situs jual beli online terbaik
6) Situs jual beli barang bekas
7) Situs jual beli online penipu
8) Situs jual beli rumah

Tahukah anda kenapa ada yang membuat situs-situs tersebut? Sebagai media promosi online, situs jual beli memang memiliki banyak keunggulan dan keuntungan jika dibanding dengan cara promosi biasa atau konvensional.

Setidaknya ada beberapa catatan yang bisa kita garis bawahi berkaitan dengan kelebihan tersebut yaitu dari aspek biaya, jangkauan dan juga pengelolaan. Hal ini tentu bisa mendukung kita yang berniat memulai usaha modal kecil. Agar lebih jelas mari kita bahas satu per satu.

1) Kelebihan Situs Jual Beli (Toko Online)

Tak usah di pilih jika tak memberikan kelebihan jika dibanding dengan sistem yang telah kita jalankan sebelumnya. Untuk toko online memang memiliki beberapa kelebihan jika dibanding dengan toko offline.

Setidaknya ada beberapa sisi yang memberikan kelebihan tersebut. Akan kita perjelas berbagai sisi kelebihan tersebut agar kita lebih yakin dan paham benar tentang peluang sukses dalam memulai bisnis ini.

Biaya Lebih Murah
Benarkah membuat situs jual beli online lebih murah? Ya, jika kita bandingkan dengan membuat toko offline tentu saja toko online ini bisa dikatakan hanya memerlukan modal kecil, beberapa ratus ribu pun sudah cukup untuk membuat situs jual beli baru.

Coba kita bandingkan, jika membuat toko biasa pertama kita memerlukan gedung. Untuk gedung sendiri pun biayanya sudah cukup besar apalagi jika ditambah dengan biaya pengadaan produk.

Jika mendirikan toko online kita tidak perlu mendirikan gedung, kita cukup menyediakan uang untuk sewa domain dan hosting yang harganya tak lebih dari 500 ribu, cukup murah bukan? Sedangkan untuk barang kita bisa menerapkan sistem "pesan dulu", dengan sistem ini kita cukup memajang gambar dan deskripsi produk yang akan dijual.

Setelah ada pemesanan baru kita menyiapkan produk yang diminta tersebut. Cukup praktis dan murah bukan? Kalau dilihat dari sisi biaya ini maka membuka bisnis jual beli online tentu sangat mudah bagi kita dalam artian modal yang dibutuhkan bisa berjalan ber-iringan dengan kemajuan toko yang dibuat.

Jangkauan Lebih Luas
Kalau melihat dari aspek jangkauan pelanggan tentu toko online memiliki jangkauan konsumen yang lebih luas, setidaknya bisa meliputi satu negara tertentu. Cukup menggiurkan jika kita ingin memperluas jaringan usaha kita.

Dengan jangkauan ini sudah tentu kita bisa membidik konsumen dari daerah lain, tentu sistem yang digunakan adalah melalui sistem pesan dimana kita akan memanfaatkan penyedia jasa pengiriman untuk menghantarkan barang dagangan kepada pemesan. Dengan begitu pelanggan atau pembeli kita bisa dari mana pun sepanjang mereka menggunakan internet.

Gambaran peluangnya seperti ini, jika produk kita untuk konsumen khusus misalnya ibu rumah tangga maka kita bisa mengenalkan produk tersebut ke seluruh ibu rumah tangga di negara kita khususnya untuk mereka yang menjadi pengguna internet.

Kalau dalam satu hari ada seribu orang yang melihat dagangan kita kira-kira berapa yang akan menjadi pembeli? Bagaimana jika hal ini berjalan terus-menerus, berapa banyak yang bisa kita hasilkan?

Pengelolaan Lebih Mudah
Tidak sama dengan toko biasa memang, untuk menjalankan situs tersebut kita harus mengelolanya dengan baik. Tapi tenang saja, untuk pengelolaan tidaklah begitu sulit, tanpa memindahkan barang tanpa takut barang busuk dan berkurang kualitasnya. Kita hanya mengelola berbagai item gambar dan deskripsi produk yang kita tampilkan.

Itu kalau untuk menjalankan saja, kegiatan lain mungkin akan berkutat pada masalah pemesanan dimana kita akan menangani pesanan masuk, mengecek pembayaran dan melakukan pengiriman barang. Semua itu lebih mudah jika toko yang kita buat sudah berjalan.

Meski tidak bisa dikatakan mudah namun berbagai kelebihan tersebut tentu memberikan keuntungan sendiri bagi kita penjual. Dengan adanya situs ini pekerjaan kita akan lebih mudah, ringan dan bisa dijalankan dari dalam rumah dengan hasil sesuai kinerja kita. Cukup menjanjikan bukan peluang usaha tersebut?

2) Keuntungan Memiliki Toko Online Sendiri

Kalau tadi sudah dibahas berbagai kelebihan atau keunggulan dari situs tersebut sekarang kita bahas apa saja keuntungan yang bisa diberikan toko online yang kita buat. Setidaknya ada beberapa poin keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita membuka toko online. Berbagai keuntungan tersebut yaitu antara lain:

1. Item (produk) yang dipromosikan tidak terbatas
2. Pasar yang bisa dibidik lebih luas
3. Biaya promosi relatif murah
4. Pembuatan dan pengelolaannya murah
5. Bisa mendapatkan penghasilan tambahan

Keuntungan pertama yang bisa didapat dengan membuat toko online adalah kita bisa menjual produk apa saja sesuka hati. Kita bisa menjadikan toko tersebut layaknya pasar yang menyediakan berbagai kebutuhan. Tentu saja dengan catatan yang bisa dikirimkan dengan jasa pengiriman.

Yang kedua, seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan menggunakan toko ini kita bisa membidik pasar yang lebih luas tidak hanya di daerah kita saja bahkan bisa sampai luar negeri. Apabila produk yang kita jual memiliki kualitas yang memadai bukan tidak mungkin kita bisa meraup keuntungan yang besar dari bisnis ini.

Selain itu situs lebih mudah dikelola dan bisa dikelola hanya dari rumah. Kita tidak perlu repot-repot bangun pagi menjajakan barang di pasar, bisa kita atur kapan jam kerja kita secara lebih fleksibel. Ya, situs jual beli memang solusi meningkatkan penjualan anda.

Keuntungan selanjutnya adalah dengan situs tersebut kita juga bisa mendapatkan penghasilan sampingan yaitu misalnya dengan membuka iklan untuk promosi orang lain. Kalau situs kita pengunjungnya sudah banyak maka penghasilan ini pun bisa lumayan atau bahkan bisa melebihi hasil penjualan kita. Bagaimana, cukup bagus bukan?

Gambaran dan penjelasan di atas hanya untuk ilustrasi mengenai keunggulan memiliki situs jual beli online, pada praktiknya, meski memiliki begitu banyak keuntungan dan kelebihan namun menjalankan bisnis jual beli secara online juga bukan tanpa hambatan. Semua tetap harus disertai dengan kerja keras dan kejujuran jika ingin sukses.

Yang jelas, jika kita telah memiliki toko sendiri dan berniat melebarkan sayap lalu mengapa tidak mencoba bisnis jual beli online dengan memanfaatkan toko online tersebut? Sudah banyak cerita suksesnya, tinggal giliran kita mau menjadi orang sukses berikutnya atau tidak?

Keuntungan dan Kelebihan Memiliki Situs Jual Beli untuk Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma