Sunday, February 19, 2017

Tips Sukses Usaha Toko Klontong agar Laris dan Untung Besar

Tips Sukses Usaha Toko Klontong - Toko klontong atau warung klontongan merupakan jenis usaha yang sebenarnya memiliki potensi cukup bagus. Namun pada kenyataannya banyak pelaku usaha toko ini tidak bisa bertahan dan harus gulung tikar.

Tips Sukses Usaha Toko Klontong
Foto: Ilustrasi Toko Klontong
Kadang penyebab kegagalan usaha ini ternyata bukan hanya karena masalah peluang melainkan lebih kepada penanganan dan pengelolaan yang kurang profesional. Maka dari itu kali ini situs sukses usaha akan berbagi sedikit mengenai tips sukses dalam menjalankan dan mengembangkan usaha toko tersebut.

Dalam menjalankan usaha ini, untuk menggapai kesuksesan setidaknya ada dua hal dasar yang akan kita lakukan. Pertama kita harus mengelola usaha ini dengan maksimal sebaik-baiknya.

Kedua, kita harus meminimalisir berbagai kemungkinan kendala, hambatan, dan juga berbagai resiko yang bisa dihadapi dalam usaha ini. Kedua hal tersebut secara berdampingan akan memperkokoh usaha kita dan tentunya akan memberikan kemajuan yang cukup berarti tentunya jika diaplikasikan dengan baik.

Pengelolaan usaha maksimal yang baik itu berarti kita harus menerapkan pengelolaan usaha profesional. Ini berarti segala sesuatunya harus kita jalankan dengan profesional mulai dari pelayanan, kualitas produk pemasaran, manajemen dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan sistem pengelolaan usaha yang profesional diharapkan hasil keluaran produk usaha bisa lebih maksimal dan bisa lebih diterima di masyarakat konsumen.

Sedangkan manajemen resiko berarti kita harus mampu menerapkan manajemen resiko usaha di setiap bidang atau aspek. Disini wajib bagi kita untuk mengetahui apa saja resiko yang bisa di hadapi oleh usaha toko klontongan. Kemudian kita juga harus tahu dan dan mempersiapkan solusi bagi berbagai resiko yang ada tersebut.

Sebaiknya harus ada strategi pencegahan, penanganan dan pengendalian resiko usaha. Untuk kita yang sudah menjalankan usaha ini asal jalan tanpa pernah menerapkan pengelolaan profesional mungkin berbagai hal tersebut sangat merepotkan dan kurang diperhatikan.

Untuk itulah ada beberapa Tips Sukses Usaha Toko Klontong untuk menutupi berbagai kendala yang ada. Beberapa tips di bawah ini bisa membantu kita dalam mengelola dan menjalankan usaha warung ini dengan baik agar penghasilan bisa maksimal dan bisa langgeng. Selengkapnya mengenai kiat atau tips tersebut sebagai berikut!

1) Buatlah pembukuan untuk semua aset yang dimiliki
2) Catat semua transaksi yang terjadi
3) Buatlah pembukuan laba rugi
4) Terapkan sistem penjualan dengan kasir
5) Pisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha
6) Sisihkan sebagian laba untuk pengembangan usaha
7) Terapkan gaji untuk diri sendiri, jangan gunakan uang selain gaji tersebut
8) Berikan pelayanan yang baik, ramah, sopan dan profesional
9) Hindari memberikan hutang, bon atau kasbon atau sejenisnya
10) Jangan mengambil keuntungan terlalu besar

Demikianlah tadi sedikit Tips Sukses Usaha Toko Klontong. Dengan menerapkan manajemen usaha yang baik maka diharapkan usaha yang telah kita bangun tersebut akan memiliki masa depan yang lebih cerah. Itu saja, jangan lupa baca juga beberapa tips dagang lain di bagian akhir tulisan ini. Salam sukses!

Tips Sukses Usaha Toko Klontong agar Laris dan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko