Monday, February 20, 2017

Ingin Usaha di Bulan Ramadhan, Berikut Ide Bisnis Simpel Paling Laku yang Sudah Terbukti

Bisnis Simpel Paling Laku untuk Bulan Ramadhan - Sebelumnya saya telah membahas mengena peluang usaha di bulan puasa ramadhan dan isi pembahasannya sebenarnya hampir sama dengan pembahasan ini.

Bisnis Simpel Paling Laku untuk Bulan Ramadhan
Foto: Ilustrasi/hollandfever
Namun begitu di sini kita akan membahas lebih detail mengenai tiga jenis usaha yang masuk kategori simpel atau sederhana yang paling laku untuk bulan ramadhan. Jadi kita akan membahas beberapa contoh usahanya dan penjelasan mengenai alasan kenapa usaha tersebut paling laku.

Seperti kita ketahui, untuk sukses tak jarang kita harus pandai dalam memilih bisnis simpel paling laku khususnya untuk bisnis musiman yang akan dijalankan di bulan ramadhan ini. Kepandaian kita dalam membaca situasi dan peluang akan berpengaruh terhadap besar kecilnya keberhasilan yang akan kita dapatkan.

Maka dari itu sebelum kita memulai aktivitas bisnis tersebut maka sebaiknya kita mau meluangkan sedikit waktu untuk mengadakan analisa terhadap berbagai peluang yang ada. Sudah siapkah kita untuk menjemput peluang tersebut?

Untuk mendapatkan ide bisnis seperti ini kita juga bisa mencari contoh makanan ringan laris di bazar ramadhan di berbagai lokasi yang bagus. Berkaitan dengan bisnis yang bisa dibuka di bulan puasa maka ada tiga jenis bisnis yang sangat berpotensi memberikan keuntungan besar. Ketiga macam bisnis tersebut adalah:
  1. Bisnis di bidang makanan dan minuman
  2. Bisnis di bidang pakaian
  3. Bisnis di bidang kue lebaran

Apa yang membuat ketiga jenis bisnis tersebut bagus untuk dijadikan usaha musiman di bulan puasa? Inilah hal yang akan kita bahas lebih dalam, kita akan melihat bagaimana hubungan antara permintaan pasar dengan berbagai produk yang dihasilkan dari bisnis tersebut.

A. Bisnis di bidang makanan dan minuman
Di bulan puasa bukannya kaum muslim tidak makan dan minum lalu kenapa bisnis di bidang ini menjanjikan? Sekilas kita mungkin bingung mengapa bidang ini ditempatkan di urutan pertama. Perlu kita ketahui, di bulan ramadhan, sepanjang hari umat muslim memang berpuasa dan tidak makan dan minum namun sehabis magrib mereka tentu diperkenankan menyantap berbagai jenis makanan.

Ada kecenderungan konsumsi yang lebih meningkat di malam hari mengingat sepanjang hari kaum muslim telah berpuasa. Ini terbukti bahwa dalam bulan ramadhan aneka jenis masakan lebih banyak di cari oleh masyarakat untuk dikonsumsi baik saat berbuka puasa maupun saat sahur.

Meski begitu tidak semua jenis makanan dan minuman akan mengalami peningkatan permintaan. Di daerah perkotaan yang ramai misalnya tingkat permintaan menu berbuka puasa biasanya meningkat mulai dari menu makanan nasi dan lauk pauk sampai pada berbagai cemilan atau kudapan.

Selain itu jenis minuman juga mengalami peningkatan permintaan terutama minuman yang menyegaran sepert aneka es buah, jus dan sebagainya.

Untuk ide bisnis yang paling laku biasanya paling banyak adalah aneka kudapan berbuka puasa mulai dari kue atau snack ringan, jajanan, aneka minuman segar dan lain sebagainya.

Gambaran bagaimana permintaan terhadap berbagai jenis makanan tersebut dapat terlihat dengan ramainya pasar kaget di berbagai pusat keramaian yang menjajakan aneka kudapan puasa. Lebih jauh mari simak peluang usaha makanan dan minuman.

B. Bisnis di bidang pakaian
Bidang bisnis kedua yang patut untuk diperhitungkan adalah bisnis di bidang pakaian. Masyarakat muslim khususnya masyarakat lokal mempunyai kebiasaan yang unik dan menarik. Umumnya, setelah berpuasa sebulan penuh di hari raya idul fitri mereka semua merayakan hari raya dengan banyak hal mulai dari berbagai makanan enak, kue lebaran, sampai pada berlomba-lomba menggunakan baju baru.

Di hari raya lebaran hampir semua orang memakai baju baru dan itu sudah pasti membuat bisnis di bidang jual baju memiliki permintaan yang sangat tinggi. Sampai-sampai biasa dikatakan bahwa musim puasa dan lebaran adalah musim panen raya bagi pedagang baju.

Ini membuktikan bahwa bisnis di bidang pakaian menjadi salah satu bisnis paling laku untuk dijalankan di bulan ramadhan. Umumnya baju-baju bagus model baru tahun ini akan menghiasi berbagai toko baju yang ada di seantero tanah air.

Tak lupa juga, permintaan yang tinggi datang pada berbagai jenis baju muslim baik untuk kaum laki-laki maupun wanita. Untuk yang muslim, coba tanya pada diri anda, bukankah setiap lebaran pasti anda di pusingkan dengan masalah baju baru? Itulah alasan kenapa bisnis ini bagus dan layak dijalankan. Lebih lengkap silahkan baca peluang bisnis pakaian muslim.

C. Bisnis di bidang kue lebaran

Meski hanya untuk satu atau dua hari saja namun permintaan yang tak kalah banyak datang dari bidang kuliner lain yaitu kue lebaran. Permintaan kue khususnya kue lebaran akan sangat meningkat tajam karena hampir di semua rumah akan menyediakan kue untuk keluarga, kerabat dan tamu yang datang.

Jelas sekali bahwa usaha di bidang jual kue lebaran juga menjadi bisnis paling laku bulan ramadhan untuk kita jalankan. Hal ini mengingat tingginya permintaan yang ada di masyarakat khusus untuk merayakan hari lebaran idul fitri.

Bagaimana, apakah anda sudah siap menjemput bola keuntungan? Lebih lengkap mengenai hal ini silahkan baca usaha kuliner kudapan puasa takjil. Jangan terburu-buru, tetap saja harus diingat bahwa laku dan tidaknya produk yang kita jual dalam bisnis di bulan puasa tersebut juga dipengaruhi oleh banyak faktor.

Beberapa yang mempengaruhi misalnya tingkat persaingan, lokasi, pelayanan dan lain sebagainya. Maka dari itu kita tetap harus melakukan analisa peluang bisnis tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjalankannya.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai ide bisnis simpel yang paling laris untuk bulan ramadhan, semoga bisa menjadi tambahan sumber ide dan inspirasi bagi kita yang sedang menginginkan ide untuk bisnis musiman ini. Jangan lupa, untuk melihat lebih jauh mengenai peluang dari masing-masing bisnis tersebut silahkan pelajari di pembahasan terkait. Itu saja, salam sukses!

Ingin Usaha di Bulan Ramadhan, Berikut Ide Bisnis Simpel Paling Laku yang Sudah Terbukti Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma