Tuesday, August 23, 2016

2 Tips Agar Sukses, Belajarlah dari Pengalaman

Tips Agar Sukses, Belajarlah dari Pengalaman - Agar sukses ada banyak sekali tips yang dapat dipelajari namun berikut kita akan fokus dengan satu hal saja yaitu mengenai pengalaman. Orang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang paling berharga, begitulah memang adanya. 

Dari pengalaman orang dapat menjadi lebih kuat, lebih pandai, lebih dewasa dan bahkan lebih sukses. Pengalaman adalah segala sesuatu yang pernah dialami baik orang diri sendiri maupun orang lain. 

Agar pengalaman dapat berarti maka pengalaman haruslah dipelajari dan bukan dibiarkan berlalu begitu saja. Pengalaman ini bukan hanya yang buruk namun ada yang baik juga. Kedua pengalaman ini – jika anda ingin sukses – harus dipelajari sebagai contoh nyata yang terjadi di depan anda.

Tentu saja, belajar dari pengalaman tidak akan berkaitan langsung dengan kesuksesan usaha atau bisnis atau kehidupan anda. Tetapi pengalaman akan memberikan anda bekal yang lebih banyak untuk menghadapi segala sesuatu yang ada di depan anda. Ada nasehat, ada renungan, bahkan ada teguran dalam sebuah pengalaman yang terjadi.

Jika anda sedang mencari cara agar bisa sukses maka bijak untuk mulai memperhatikan berbagai hal yang anda alami dan juga berbagai hal yang orang lain alami disekitar anda. Mulailah membiasakan diri untuk mengambil hikmah dan pelajaran dari semua hal yang terjadi.

1) Belajar pengalaman sendiri

Yang paling mudah, untuk memulai kebiasaan seperti ini adalah dari diri sendiri. Maka jika anda ingin kehidupan anda lebih sukses maka mulailah belajar dari pengalaman anda. Jangan biarkan semua kejadian berlalu begitu saja. Sesungguhnya apa yang terjadi pada diri anda memiliki maksud dan tujuan.

Semua pengalaman, jangan hanya mengingat dan merenungkan pengalaman yang berkesan tetapi ingatlah dan pelajarilah semua pengalaman hidup anda sendiri. Lalu, kalau kita ingin belajar dari pengalaman apakah yang harus kita lakukan? Ada cara mudah untuk melakukannya yaitu dengan menelusuri terlebih dahulu kesalahan yang terjadi.

Sebagai contoh, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam hidup anda maka mulailah mempelajarinya dengan mencari tahu apa kesalahan anda yang mungkin saja dapat memicu dan menyebabkan kejadian tersebut. Mundur sejenak, duduk dan renungkan apakah ada yang salah yang telah anda lakukan sebelumnya hingga mengakibatkan semua itu terjadi.

Jika anda menemukan sesuatu penyebab kejadian buruk dalam diri anda maka selanjutnya anda harus ingat baik-baik hal itu. Anda pelajari dan anda camkan dalam hati dan pikiran, niatkan dengan kuat untuk tidak melakukan kesalahan tadi sehingga dikemudian hari kejadian buruk tersebut tidak akan menimpa anda lagi.

Cara agar sukses seperti itu juga dapat anda terapkan pada pengalaman baik. Misalnya anda dapat menelusuri kenapa keuangan anda semakin hari semakin membaik. Ketika anda menemukan penyebabnya atau hal yang membuat kondisi tersebut terjadi maka ingatlah untuk selalu berusaha mengulang kebaikan tersebut.

Begitulah, anda dapat menjadi pribadi yang sukses, menjadi orang sukses, menjadi pebisnis yang sukses dan sebagainya jika anda mampu mengambil hikmah dan pelajaran dari pengalaman hidup yang anda miliki. Hidup ini singkat, tidak selamanya anda berkesempatan untuk mengulangi kebaikan maka jangan sia-siakan pelajaran yang pernah anda dapatkan dari pengalaman.

2) Belajar dari pengalaman orang lain

Kalau ingin sukses di usia muda belajar dari pengalaman orang lain dapat menjadi sebuah solusi. Karena di usia muda anda belum sempat mengalami banyak hal penting maka dari itu pengalaman orang lain dapat menjadi jalan untuk anda belajar. Tentunya tidak harus semua pengalaman orang, anda dapat mengambil satu dua pengalaman yang benar-benar memberikan pelajaran berharga.

Mulai dari kejadian yang ada di sekitar anda, sejarah atau cerita si A menjadi bangkrut misalnya bisa menjadi bahan belajar anda. Cara agar menjadi sukses seperti ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri seseorang. Tentu saja, hanya dengan belajar dari pengalaman saja tanpa implementasi orang tidak akan sukses.

Kalau anda mampu menjadikan pengalaman orang lain sebagai sumber inspirasi, motivasi dan pembelajaran maka anda tidak sekolah sampai sarjana sekalipun anda bisa sukses. Tapi tentu saja kesuksesan tidak akan dapat diraih dengan cara sesederhana itu. Karena ini hanyalah salah satu cara yang sebaiknya kita lakukan untuk mengembangkan diri.

Memang, untuk mendapatkan pelajaran dari pengalaman orang lain tidaklah mudah. Anda harus menganalisa dan mencari tahu banyak hal yang berkaitan dengan pengalaman tersebut. Seperti contoh di atas misalnya, ketika seseorang bangkrut maka pasti ada faktor penyebab dibelakang kejadian tersebut. Itulah yang harus anda gali, apa mungkin dia bangkrut karena ia boros, apa mungkin karena salah perhitungan, apa mungkin karena mengabaikan resiko dan seterusnya.

Jika anda ingin sukses maka tips sukses hari ini adalah belajar dari pengalaman. Jika anda ingin sukses, luangkanlah sedikit waktu anda untuk menggali ilmu dari pelajaran hidup anda atau hidup seseorang. Jadikanlah hal seperti ini sebagai bagian dari kebiasaan baik anda. Dengan begitu kekuatan dan kemampuan anda untuk menggapai kesuksesan menjadi lebih besar. Itu saja, salam sukses selalu!

2 Tips Agar Sukses, Belajarlah dari Pengalaman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko