Thursday, August 25, 2016

Menjadi Wirausaha yang Sukses, Tujuan atau Khayalan

Menjadi Wirausaha yang Sukses, Tujuan atau Khayalan - Apa menurut anda cara menjadi wirausahawan sukses dapat membuat anda menjadi wiraswasta sukses? Tidak, cara-cara atau tips yang banyak anda baca tersebut sama sekali tidak dapat menjamin anda dapat mencapai kesuksesan. Satu-satunya hal yang dapat menjamin sebuah kesuksesan adalah anda sendiri.

Satu tahun terakhir ini saya menelusuri banyak sekali artikel mengenai hal tersebut dan ternyata kebanyakan isinya yaitu mengatakan kita harus begini, harus begitu, harus ini harus itu. Semua itu sama sekali tidak menjawab esensi dari pertanyaan yang saya ajukan. Pada akhirnya, semakin banyak saya mencari maka saya akan semakin bingung. Apakah anda ingin demikian?

Dari sekian banyak artikel tersebut tidak ada satu pun yang dapat menyentuh inti dari permasalahan. Semua saran yang diberikan hanya parsial, berguna pada satu bagian dan tidak untuk lainnya. Akhirnya, saya sampai pada satu titik kesimpulan bahwa cara yang akan kita gunakan untuk menggapai kesuksesan tidak akan sama dengan cara orang lain.

Cara sukses yang digunakan orang lain tidak akan sesuai dengan kita karena sesungguhnya langkah atau cara yang harus kita tempuh harus sesuai dengan situasi, kondisi, pandangan dan jangkauan kita sebagai pengelola sebuah usaha atau bisnis. Maka dari itu saya mengasingkan diri dari informasi yang simpang siur yang jelas-jelas tidak sesuai dengan yang saya butuhkan.

Harus ada kesederhanaan, harus ada satu titik yang dapat dilihat dengan lebih jelas, maka dari itu akhirnya saya memberanikan diri untuk tidak lagi mencari informasi mengenai hal – hal semacam ini yaitu cara agar sukses atau lainnya. Jika anda mengalami hal yang sama dimana anda telah mencoba banyak hal namun tetap tidak ada hasil yang maksimal maka mungkin anda perlu melihat pengalaman yang saya miliki.

Kesal hanya dibuat pusing dengan berbagai macam saran maka akhirnya saya memutuskan untuk bertanya pada seorang teman. Dia adalah seorang petani – petani semangka tepatnya. Ketika itu saya bertanya sebuah pertanyaan yang sama yaitu “cara jadi pengusaha sukses di usia muda”. Dia tersenyum dan menjawabnya dengan santai, jawabannya singkat “lakukan yang terbaik”.

Beberapa saat kemudian ia menjabarkan maksud dari perkataannya. Dia mencontohkan, ketika ia hendak menanam semangka maka ia menanam semangka dengan cara yang terbaik dan ketika ia hendak menjual panennya ia melakukan penjualan dengan cara yang sama. Akhirnya saya sampai pada satu kesimpulan bahwa yang ia lakukan adalah menerapkan ilmu praktis yang sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang, semua bidang harus berasal dari ahlinya tetapi itu bukan berarti kita harus ahli dalam setiap bidang. Ia juga berpesan bahwa untuk sukses paling tidak seseorang memang harus memiliki tiga hal utama yaitu :

1) Memiliki pengetahuan
2) Memiliki kemampuan
3) Memiliki kemauan

Kalau misalnya anda adalah seorang pedagang maka anda harus tahu dimana tempat mendapatkan barang dagangan yang bagus; harga rendah kualitas tinggi. Anda juga harus tahu bagaimana langkah efektif mengajak orang memakai produk yang kita sediakan, begitulah ilmunya. Ilmu atau pengetahuannya bisa bagian per bagian untuk mendukung satu kesatuan yang lebih luas.

Selanjutnya jika ingin sukses maka anda harus mampu, mampu menentukan ilmu apa yang patut dipelajari, mampu menentukan kapan harus berhenti dan kapan harus berlari, mampu mengelola sumber daya, mampu menahan diri dan mampu-mampu yang lain.

Dukungan selanjutnya yang menentukan yaitu kemauan, besar kecilnya kemauan ini yang akan menjadi ukuran pencapaian kesuksesan anda. Semakin besar kemauan anda maka akan semakin besar juga potensi kesuksesan anda.

1) Pengetahuan wirausaha sukses
Untuk menjadi seorang wirausahawan sukses maka pengetahuan atau ilmu akan menjadi pendukung sekaligus senjata yang akan digunakan. Tentu saja semua harus ada ilmunya tetapi bukan berarti anda harus ahli semuanya. 

Ilmu pengetahuan dapat dikatakan sebagai bekal atau bahan dasar yang akan menentukan kemampuan anda. Jadi semakin banyak ilmunya maka semakin besar kekuatan atau kemampuan anda untuk mencapai kesuksesan.

Ya memang tidak ada jalan pintas, tidak ada yang instan namun harus kembali di ingat bahwa semua harus sesuai dengan kondisi, toleransi, pandangan dan jangkauan masing-masing. Maka pada setiap tindakan seharusnya wajib bagi anda untuk terus belajar. Contohnya untuk menjadi pengusaha maka bisa belajar kiat sukses jadi pengusaha atau kiat jd pengusaha sukses.

2) Kemampuan wirausaha sukses
Kemampuan ini didapat dari banyak faktor, bisa dari pengalaman, ilmu dari buku bacaan atau teori ahli atau dari cerita teman. Dengan kemampuan inilah maka seorang pelaku usaha akan dapat menemukan segala hal yang dibutuhkan untuk menjadikan usahanya berhasil.

Sebagai contoh, ketika seseorang berniat membuat usaha namun tidak memiliki modal, jika memiliki kemampuan maka seharusnya ia dapat mencari dan menemukan cara menjadi pengusaha sukses tanpa modal.

Contoh lain misalnya, ketika anda mendapati sarana promosi yang digunakan tidak efektif mendongkrak penjualan maka dengan kemampuan anda bisa merumuskan sebuah strategi pemasaran yang berhasil.

3) Kemauan wirausaha sukses
Ingin menjadi seorang pengusaha atau ingin menjadi pengusaha dari nol? Semua itu adalah contoh kemauan. Kemauan ini harus dipupuk dan diwujudkan dalam sebuah tujuan nyata. Untuk bisa sukses orang haruslah memiliki kemauan yang super kuat dan tidak mudah pudar.

Kemauan ini akan menjadi pendorong anda untuk melakukan berbagai macam upaya untuk mewujudkan apa yang diinginkan. Di bidang usaha misalnya, jika anda mau mendapatkan gaji yang fantastis maka anda harus bekerja keras mengerahkan segala daya upaya untuk mewujudkan hal tersebut.

Kemauan ini adalah cita-cita dan juga tujuan, maka tanpa itu semua mustahil untuk mendapatkan apa yang anda idam-idamkan. Itulah, terkadang untuk memecahkan satu masalah anda tidak harus mulai dari sesuatu yang tumit. Anda bisa mulai mencari solusi dan jalan yang mudah dan sederhana.

Ingat, sebuah bangunan besar dibangun dari butiran pasir dan bahan lain bukan? Untuk mengumpulkan sebutir pasir anda tidak perlu terlalu susah tetapi untuk mengumpulkan segunung pasir sekaligus maka anda perlu peralatan yang sangat canggih. 

Jadi, untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses mari kita mulai dari sesuatu yang sederhana, sesuatu yang kecil yang dapat membentuk sebuah bangunan yang cukup megah.

Menjadi Wirausaha yang Sukses, Tujuan atau Khayalan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko