Tuesday, May 17, 2016

3 Langkah Penting dalam Membuka Usaha Sendiri

3 Langkah Penting dalam Membuka Usaha Sendiri - Bisnis memang tidak akan besar tanpa adanya langkah bijak yang akan membawa bisnis anda menjadi besar. Maka tak heran bila suatu bisnis tidak akan bisa bertahan dengan waktu yang lama bila tidak dibentengi dengan pengetahuan mengelola bisnis yang baik.

Inilah pentingnya ilmu manajemen untuk menjalankan usaha dengan baik. Anda bisa membuat usaha anda menjadi besar, anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar di dalamnya. Usaha yang anda kelola juga dapat bertahan lama dengan manajemen yang baik. Dengan begitu anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan dari apa yang anda perjuangkan.

Bila suatu usaha dikelola tanpa sebuah pengetahuan, maka yang terlihat adalah sebuah pekerjaan yang sia-sia. Baru mulai 1-2 bulan sudah gulung tikar, hal tersebut sering terjadi khususnya ketika suatu usaha dijalankan tanpa pengetahuan yang cukup. Tanpa pengetahuan yang cukup maka usaha anda tidak menjadi usaha yang berpotensi. Karena memang pada akhirnya usaha tersebut tidak dijalankan dengan baik.

Berikut beberapa ilmu yang bisa diterapkan dalam bisnis andakhususnya bagi anda yang menjalankan usaha sendiri. Dengan adanya beberapa kiat ini, anda akan lebih mudah dalam mengelola dan menjadikan bisnis ini yang maju. Untuk lebih jelasnya mari kita simak beberapa langkah dalam membuka usaha di bawah ini.

1) Membuat perencanaan usaha (planning)

Yang harus di lakukan dalam memulai bisnis ini adalah memulainya dengan sebuah rencana. Rencana yang di maksudkan adalah rencana yang akan membawa bisnis anda menjadi bisnis yang besar dan maju. Rencana terbut haruslah di pikirkan dengan sangat masak sehingga menjadi sebuah rencana yang efektif.

Rencana tersebut meliputi sebuah konsep yang memang akan diterapkan dalam bisnis anda. Sebuah konsep akan bagus bila semua itu sudah di rencanakan. Maka dari itu rencanakan konsep dalam bisnis anda dengan baik. Anda dapat meminta pendapat dari orang lain yang mungkin mempunyai pengalaman lebih, untuk membantu memikirkan hal tersebut.

Pemilihan tempat adalah termasuk ke dalam kategori perencanaan . yang mana tempat yang bagus, bersih, dan strategis, sangat berpengaruh bagus bisnis yang akan anda jalankan. Jangan pernah terburu-buru dalam memutuskan tempat yang hendak di pilih. Kenali dengan baik tempat yang anda pilih. Dengan begitu anda dapat kesimpulkan tentang tersebut.

2) Mempelajari dan menguasai struktur usaha

yang tak kalah penting adalah menguasai struktur usaha yang hendak anda jalankan. Bila anda tidak menguasainya atau malah tidak bisa sama sekali, anda bisa belajar terlebih dahulu. Pelajarilah dengan baik struktur yang ada dalam bisnis ini. Karena memang dengan mempelajari nya bisnis anda akan sukses.

Struktur usaha ini yang memang akan menjadi sebuah daya tarik bagi usaha itu sendiri. Struktur yang bagus akan menjamin banyak pelanggan yang banyak. Lain halnya bila struktur yang kurang bagus di terapkan maka akan susah mendapatkan pelanggan yang banyak. Karena memang struktur yang bagus sebagai syarat belum bagus.

Untuk itulah pelajari sebuah struktur dalam usaha anda, agar usaha anda dapat menjadi usaha anda. Karena memang keahlian dalam menguasai struktur tersebut merupakan syarat pokok yang harus di miliki oleh pengelola bisnis dan syarat ini berlaku untuk semua usaha baik usaha kecil, menengah, atau jenis usaha skala besar. 

3) Menerapkan manajemen pengelolaan usaha

ilmu manajemen adalah ilmu yang wajib di gunakan untuk mengelola bisnis anda. Terlebih bisnis anda mempunyai banyak karyawan, tentulah membutuhkan ilmu ini untuk mengatur usaha anda dengan baik. Sehingga semua sistem sudah berfungsi dengan tugasnya masing-masing tanpa ada masalah.

Anda dapat mengatur satu-persatu karywan yang anda punya , dengan terlebih dahulu melatihnya. Sehingga karyawan anda dapat bekerja dengan baik tanpa ada hambatan. Dengan memberikan sebuah pelatihan ini bertujuan untuk memberikan arahan kepada karyawan dan agar dengan mudah mengetahui kemampuan satu-persatu dari karyawan yang ada.

Seorang pengelola juga tidak boleh lepas tangan dalam mekanisme kerja dalam bisni ini. lakukanlah sistem kontroling dan evaluasi, yang tujuanya agar seorang pengelola bisa mengetahui kesalahan yang di perbuat oleh karyawan. Sehingga pengelola bisa langsung membenarkanya.

Langkah-langkah tersebut sangat penting untuk kemajuan bisnis anda. Bila salah satu dari cara di atas tidak di lakukan maka mustahil akan mendapatkan usaha yang besar. Maka dari itu anda sebagai seorang pengelola sangat perlu metode di atas sebagai sarana meraih kesuksesan.

3 Langkah Penting dalam Membuka Usaha Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko