Monday, May 1, 2017

Contoh Pilihan Usaha dengan Modal Kecil yang Untung Besar Melimpah

Usaha dengan Modal Kecil - Tanpa di berikan contoh sebenarnya dari produk usaha yang dihasilkan kita dapat mengetahui usaha dengan modal kecil yang bisa kita jalankan. Meski begitu memang terkadang untuk memilih usaha modal kecil tersebut kita harus mempelajari banyak informasi terlebih dahulu.


Untuk referensi, situs peluang sukses usaha akan membahas mengenai beberapa contoh usaha atau bisnis yang bida masuk ke kategori tersebut. Sebelum lebih jauh, ada satu pertanyaan yang harus kita jawab terlebih dahulu yaitu "kenapa kita membutuhkan contoh untuk masalah usaha ini?"

Tentu saja, contoh yang kita maksud tersebut bukan tanpa tujuan dan tanpa kegunaan. Adanya contoh usaha dengan modal kecil ini memang dibutuhkan untuk mendapatkan kajian yang lebih mendalam mengenai bidang usaha yang bisa kita pilih atau kita buka.

Jadi jelas, semakin banyak contoh tentu akan semakin baik tahapan analisa dan evaluasi terhadap berbagai bidang usaha yang mungkin bisa kita ambil salah satunya.

Supaya lebih jelas mengenai apa manfaat dari mengetahui contoh yang dimaksud maka sebaiknya kita melihat apa saja yang bisa kita dapat dengan mempelajari contoh usaha ini. Beberapa manfaat atau kegunaan dari contoh tersebut yaitu antara lain:

a. Mendapatkan lebih banyak ide usaha
b. Mendapatkan gambaran modal usaha
c. Mendapatkan gambaran potensi keuntungan
d. Dapat mengukur seberapa jauh kemampuan kita jika memilih usaha tersebut

Jelas sekali dapat kita lihat bahwa penting bagi kita untuk mencari cukup referensi contoh sebelum memulai membangun sebuah usaha baru khususnya usaha yang memiliki modal yang kecil dan sesuai dengan keadaan kita. Oleh karena itu pembahasan ini tentu saja baik untuk kita jadikan bahan renungan bersama sebelum melangkah lebih jauh lagi.

1) Contoh Usaha Modal Kecil di bawah 1 Juta

Ada dua jenis usaha modal kecil yang akan kita bahas yaitu usaha menurut jumlah modalnya. Pertama adalah usaha modal kecil di bawah 1 juta rupiah. Sebenarnya modal usaha yang hanya di bawah satu juta akan memberikan banyak sekali keterbatasan bagi kita.

Namun apa boleh buat, dengan modal seadanya tersebut kita tetap harus berusaha dan tidak menyerah. Meski hanya sedikit namun dengan bekal niat dan kemauan serta kerja keras bukan tidak mungkin kita bisa sukses hanya dengan uang 1 juta rupiah tersebut.

Dengan modal satu atau kurang dari satu juta rupiah lalu usaha apa yang bisa kita jalankan? Jangan anggap remeh modal tersebut, meski kecil modal tersebut sangat berarti dan sangat mungkin bisa membuka jalan menuju kesuksesan. Dengan modal tersebut kita bisa membuka beberapa usaha antara lain contoh usahanya sebagai berikut:

1) Usaha jual gorengan
2) Jasa pembuatan website
3) Jualan online

Ketiga jenis usaha tersebut bisa kita jadikan bahan pertimbangan dan ide untuk mendapatkan usaha yang modalnya sedikit dan terjangkau. Penjelasan lebih rinci mengenai masing-masing usaha tersebut dapat dibaca pada uraian selanjutnya.

a) Usaha jual gorengan
Asal kita tidak berkecil hati dengan modal kecil tersebut kita dapat membuka usaha yang dapat memberikan penghasilan tambahan bagi kita. Contohnya, pertama kita bisa membuka usaha jual gorengan.

Usaha ini modalnya cukup kecil tetapi hasil atau keuntungannya cukup lumayan. Mendengar kata "gorengan" mungkin pertama kali kita hilang semangat dan menganggap remeh usaha tersebut. Padahal usaha ini juga bisa menjadi sebuah usaha yang cukup maju dan berkembang.

Meski hanya usaha gorengan namun usaha ini bisa kita olah sedemikian rupa menjadi sebuah usaha modern yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen, contohnya usaha gorengan krispi dengan berbagai produk olahan terbaru yang kaya variasi, rasa dan kualitas.

Dengan kreativitas kita dapat menjajakan gorengan yang bahkan belum pernah dijumpai masyarakat, semua tergantung pada diri kita. Lebih jauh mengenai usaha ini bisa kita baca pada artikel sebelumnya yaitu Peluang Usaha Jual Gorengan

b) Jasa pembuatan website
Contoh usaha kecil berikutnya yang juga hanya membutuhkan modal yang sedikit adalah jasa pembuatan website atau situs. Untuk usaha ini kita bisa bermodalkan kemampuan atau keahlian dalam pembuatan situs website.

Mengingat perkembangan dunia online yang sangat pesat maka usaha ini peluangnya masih cukup bagus untuk di coba. Jika kita telah memiliki perangkat komputer atau laptop dengan koneksi internet maka kita dapat menjalankan usaha ini dengan biaya operasional yang cukup kecil.

Biaya operasional tersebut hanya untuk kebutuhan biaya internet per bulan, listrik dan beberapa kebutuhan online lain. Tidak lebih dari satu juta, namun jika tanpa perangkat komputer maka kita perlu tambahan modal. Untuk lebih jelas mengenai usaha ini kita dapat membaca artikel sebelumnya yaitu Peluang Usaha Jasa Pembuatan Website

d) Jualan online
Jenis usaha berikutnya yang hanya membutuhkan modal kecil adalah usaha jualan online. Kita dapat menjual berbagai produk melalui internet dengan hanya memanfaatkan situs. Dalam usaha ini kita akan memanfaatkan situs jual beli sebagai media untuk memasarkan produk.

Yang menarik dalam usaha ini adalah kita tidak perlu memiliki stok barang terlalu banyak melainkan kita hanya mengadakan barang sesuai pesanan. Untuk usaha yang satu ini ada catatan yang harus kita ingat bahwa kita dapat menjalankan usaha ini dengan modal perangkat komputer dan internet.

Itu berarti jika kita belum memiliki perangkat komputer yang tersambung dengan internet maka modal yang kita butuhkan tentu lebih dari 1 juta rupiah. Karena kita harus menambah modal tersebut dengan modal perangkat komputer dan sambungan internet.

Untuk perangkat komputer kisaran modal terkecil antara 2 sampai 3 juta rupiah ditambah biaya akses internet bulanan yang bervariasi. Lebih jauh mengenai usaha ini bisa di baca di Peluang Usaha Jualan Online

2) Contoh Usaha Modal Kecil di bawah 5 Juta

Mungkin beberapa usaha di bawah ini bisa juga kita jadikan pertimbangan untuk menentukan pilihan mana yang paling mungkin kita jalankan. Di bawah ini masih ada beberapa contoh usaha lain yang modalnya masih tergolong kecil yaitu modal yang diperlukan masih di bawah 5 juta rupiah.

Usaha apa yang dapat kita jalankan dengan modal kecil yang tidak lebih dari 5 juta rupiah? Tentu masih ada usaha lain, selain beberapa jenis usaha yang sudah di bahas pada bagian sebelumnya masih ada beberapa jenis usaha lain yang juga dapat kita jalankan meski dengan keterbatasan modal.

Usaha tersebut ada yang berupa usaha jasa dan ada juga usaha yang berupa bisnis jual beli. Beberapa contoh usaha kecil dengan modal di bawah 5 juta tersebut yaitu sebagai berikut:

Usaha stiker rumahan
Usaha jasa pembuatan stiker ini dapat di jalankan dengan modal tidak lebih dari 5 juta. Modal yang di butuhkan usaha ini adalah perangkat komputer dan juga mesin cetak printer yang akan kita gunakan untuk mencetak stiker pesanan yang masuk.

Perangkat komputer yang memiliki kemampuan standar bisa kita beli dengan harga di bawah 5 juta rupiah sedangkan perangkat printer pun kita dapat membeli yang harganya berkisar antara 1 sampai 3 juta rupiah sudah bagus.

Biaya operasional usaha ini hanya untuk kebutuhan listrik dan pembelian materi cetak seperti kertas dan tinta. Kertas dan tinta tentu tidak sekali habis jadi kita bisa belanja sesuai kapasitas kemampuan modal yang kita miliki.

Bisnis stiker ini merupakan bisnis yang masih cukup bagus apalagi jika didukung dengan kemampuan manajemen yang kita miliki. Tapi tentu saja kita harus mencari tahu seberapa jauh prospek usaha ini sebelum memulainya. Pembahasan lebih detail mengenai usaha ini bisa di lihat di Peluang usaha stiker rumahan.

Usaha makanan dan minuman
Usaha di bidang makanan dan minuman merupakan usaha yang paling fleksibel jika di pandang dari sisi modal yang dibutuhkan. Usaha ini dapat kita mulai dengan modal kecil, sedang dan juga modal yang besar.

Untuk usaha makanan dan minuman dengan modal di bawah 5 juta kita dapat membuat usaha warung makan kecil khususnya jika kita telah memiliki modal lahan dan lokasi pribadi. Selain itu kita juga bisa mencoba usaha warung tenda misalnya usaha pecel lele, warung bakso, mie ayam dan lain sebagainya.

Kita juga dapat memilih usaha khusus minuman es yang dapat kita buka di pusat kota atau daerah pasar yang ramai. Lebih lanjut mengenai jenis usaha ini dapat kita pelajari pada artikel sebelumnya yaitu Peluang usaha makanan dan minuman.

Bisnis jual pakaian anak
Baju atau pakaian anak harganya tidak terlalu mahal, bahkan hanya puluhan ribu rupiah untuk pakaian anak balita. Oleh karena itu usaha di bidang jual pakaian anak ini bisa kita rintis meski hanya dengan modal yang tidak lebih dari 5 juta rupiah.

Yang paling umum, usaha ini di jalankan dengan membuka lapak jualan di pasar atau tempat jual beli lainnya. Atau kita bisa juga membuat sistem butik untuk memasarkan produk pakaian anak tersebut.

Selain dengan cara yang sudah umum kita juga dapat menjalankan usaha ini dengan sistem online dimana kita memasarkan produk menggunakan media internet. Kita bisa promosi menawarkan barang dagangan tersebut dari sebuah situs jual beli, facebook, twitter dan lain sebagainya.

Supaya lebih jelas mari kita pelajari lebih banyak usaha ini dengan membaca artikel berikut Peluang bisnis jual pakaian anak. Dengan dua jenis usaha di atas yaitu usaha dengan modal di bawah 1 juta dan di bawah 5 juta tentu kita akan lebih leluasa untuk memilih usaha mana yang paling cocok dan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

Dengan Contoh Usaha dengan Modal Kecil tersebut kita lebih bisa mempelajari berbagai aspek modal yang dibutuhkan untuk membangun sebuah usaha baru. Mudah-mudahan sedikit pembahasan ini bisa bermanfaat. Itu saja, salam sukses usaha.

Contoh Pilihan Usaha dengan Modal Kecil yang Untung Besar Melimpah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko