Saturday, October 8, 2016

Hal yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis

Di ibaratkan, mulai dari peletakan batu pertama dalam membangun bisnis semua hendaknya sempurna tanpa cacat. Maka dari itu persiapan matang menjadi hal penting yang harus dilakukan. Dalam memulai bisnis, ada juga hal yang sebaiknya dihindari.
Hal Yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis
Contoh usaha kecil menengah mudah sukses
Memulai bisnis sukses itu tidak sembarangan, semua hal harus diperhitungkan. Maka dari itu kita perlu meluangkan waktu untuk menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Anda tidak ingin memulai sesuatu yang sia-sia bukan?

Nah, kita akan kembali berbicara mengenai tips sukses usaha yaitu tentang apa yang harus kita hindari saat pertama kali kita memulai sebuah bisnis. Kalau dilihat dari judulnya tentu jelas sekali bahwa kita akan mengupas berbagai hal yang akan memberikan efek buruk bagi perkembangan bisnis yang baru saja kita dirikan.

Lalu hal apa saja yang sebaiknya dihindari ketika memulai bisnis? Demi untuk kesuksesan masa depan, baiknya kita pertimbangkan juga hal tersebut. Mari kita temukan jawaban pertanyaan tersebut pada uraian berikut.

Harus diakui bahwa hambatan bisa datang dari mana saja dan yang paling sering ketika kita menjalankan sebuah usaha khususnya bisnis baru hambatan datang dari diri kita sendiri. Secara sadar atau tidak seringkali kita melakukan hal-hal ceroboh yang bisa menghancurkan usaha kita yang baru saja dibangun.

Untuk itu sebaiknya kita tahu hal yang harus kita hindari ketika kita mulai menjalankan sebuah bisnis. Hal-hal berikut datangnya dari kita sendiri, dan sebagai pelaku bisnis sebaiknya kita tahu dan bisa menghindari berbagai tersebut.

Berikut ada beberapa catatan untuk hal yang harus dihindari saat memulai bisnis. Hal tersebut antara lain seperti di bawah ini.

1) Alasan yang tak jelas
Hal pertama adalah mengenai alasan kita dalam menjalankan sebuah usaha. Seringkali kita membuka sebuah usaha hanya berniat untuk mendapatkan uang semata dan karena tidak ada pilihan lain. Tentu saja hal itu tidak tepat dan kurang bisa dijadikan pondasi dalam membangun sebuah bisnis.

Hanya bertumpu pada tujuan untuk mendapatkan uang membuat kita lemah dalam hal mengelola bisnis, sering kita akan segera meninggalkan usaha yang dibangun padahal kita belum terlalu jauh mengerjakannya.

2) Tidak memiliki rencana yang tepat
Yang tak kalah penting dalam mendirikan sebuah usaha adalah mengenai perencanaan. Untuk itu jika kita mendirikan usaha baru maka hendaknya jangan sampai kita tidak memiliki rencana jangka panjang untuk usaha tersebut.

Rencana adalah pedoman kesuksesan kita, karena itulah harus dipersiapkan dengan baik. Jangan lupa juga untuk membuat rencana cadangan sebagai antisipasi kesulitan dan hambatan yang akan datang. Tidak memiliki rencana cadangan dalam mendirikan dan menjalankan bisnis akan membuat kita kesulitan jika mendapatkan kendala apapun.

3) Terlalu royal menghabiskan uang
Selain itu untuk bisnis baru kita harus menahan diri dan jangan terlalu royal menghabiskan uang hasil usaha untuk kebutuhan pribadi, semua harus ada hitungannya.

Jangan lupa kita juga tidak boleh silau dengan kesuksesan kecil yang baru saja diraih. Jangan pernah merasa paling hebat karena sudah mencapai posisi sekarang karena hal itu akan membinasakan usaha kita sendiri.

4) Dikelilingi para pekerja penjilat
Biasanya, saat usaha sudah mulai berjalan lancar kita akan menambah pekerja, untuk masalah ini hindari mempekerjakan orang yang tidak tepat dan pastikan kita tidak dikelilingi para pekerja penjilat. Kita harus mencari pekerja yang benar-benar mampu memberikan yang terbaik untuk tugas yang dibebankan. 

5) Memutuskan networkingPerkembangan sebuah usaha akan sangat didukung dengan jaringan mitra yang kita miliki, untuk itu di awal usaha hendaknya kita membangun jaringan yang bagus dan jangan sampai memutuskan networking tersebut.

Pupuk jaringan mitra, relasi, konsumen dan lainnya dengan baik. Dengan begitu usaha atau bisnis kita akan mendapatkan dukungan yang cukup di kemudian hari. Perlu juga diingat, usaha yang baru berjalan biasanya akan memiliki masalah dalam hal pemasaran dan promosi.

6) Memainkan harga jual
Yang perlu dicatat untuk masalah tersebut adalah hendaknya kita menghindari strategi promosi dengan memainkan harga jual dari produk yang kita pasarkan. Jika memang perlu menarik pelanggan maka sistem promosi dengan mengurangi harga jual sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

Jangan sampai akhirnya nilai guna dari produk kita dipandang rendah. Strategi yang cukup baik untuk menggantikan hal ini adalah dengan memberikan pelayanan dan kualitas produk yang lebih baik dari yang sudah ada.

Itu disebabkan karena sebenarnya pasar tidak memiliki ruang baru untuk usaha kita jadi kualitas-lah yang akan memberikan celah pada usaha yang kita buat tersebut. Jangan lupa, untuk menutup berbagai hal di atas kita juga dapat memaksimalkan promosi dengan media lain

misalnya media sosial. Itulah sedikit uraian kita mengenai hal yang harus anda perhatikan saat memulai bisnis baru. Semoga saja hal di atas bisa menjadi sumber inspirasi dalam mempertajam naluri bisnis kita agar lebih sukses lagi di kemudian hari. 

Hal yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko