Sunday, July 3, 2016

Cara Buka Toko Online Menjanjikan Untung Besar

Cara buka toko online - membuka toko online merupakan langkah revolusioner dimana kita akan menargetkan penjualan kepada konsumen yang lebih luas. Jika kita sudah memiliki toko dan ingin merambah ke penjualan online maka cara ini bisa menjadi jalan untuk mengembangkan bisnis kita ke depan.

Ada banyak cerita sukses dari mereka yang sudah lebih dulu terjun di dunia online market tersebut. Lalu bagaimana cara kita memulai usaha yang satu ini? Langkah bisnis memang harus selalu melihat ke depan, memandang jauh ke depan dan menyambut segala kebutuhan dan peluang.

Kita tidak bisa hanya menunggu kesuksesan datang menghampiri tetapi harus menjemput kesuksesan tersebut. Berani mengambil resiko yang telah diperhitungkan, berani berinvestasi mengambil inisiatif pengembangan bisnis ke depan ke arah yang lebih menjanjikan.

Anda yang sedang membaca tulisan ini pasti sependapat dengan saya bahwa bisnis jual beli online masih memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Karena itulah kita telah sepakat untuk mengembangkan usaha dengan membuka toko online sendiri untuk produk yang kita pasarkan. Sebagai langkah awal kita akan belajar bagaimana proses memulai bisnis ini.

1) Apa Pengertian Toko Online

Tanpa dijelaskan secara detail sebenarnya pasti kita sudah tahu yang dimaksud toko online itu apa. Ya, toko online adalah sebutan untuk situs jual beli yang dibuat untuk memasarkan barang dagangan secara online melalui internet.

Pada toko online ini sistem yang digunakan adalah konsumen akan memesan barang yang diinginkan dan penjual akan mengirimkan barang tersebut menggunakan jasa pengiriman barang.

Transaksi pada toko ini akan berjalan secara elektronik (transaksi elektronik) dimana pembeli akan melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening bank penjual baru kemudian barang akan diantar.

Ada juga online shop yang menyediakan sistem pembayaran COD (cash on delivery) dimana pembayaran akan dilakukan ketika barang sampai kepada pemesan.

Pada toko online akan dipasang berbagai barang dagangan yang disana akan tertera mulai dari gambar, spesifikasi dan juga harga serta cara membeli dan sistem pembayaran yang bisa dilakukan. Sistem toko online ini memiliki beberapa kelebihan yaitu:

1. Biaya lebih murah
2. Kapasitas lebih besar
3. Jangkauan pembeli lebih luas

Pengeluaran yang harus disiapkan jika kita membuat toko online lebih sedikit jika dibanding dengan kita membuat ruko atau toko secara offline. Untuk toko online kita hanya menyediakan uang sewa hosting dan domain yang tak lebih dari 1 juta, bahkan ada yang gratis.

Dengan toko ini kita bisa memasang berbagai jenis produk yang lebih banyak karena hanya berupa gambar dan penjelasan dan tidak perlu menumpuk barang dagangan, selain itu pasaran juga akan lebih luas lagi.

Selain kelebihan, sistem online ini juga tentunya memiliki kelemahan, beberapa kelemahan toko online antara lain sebagai berikut:

  1. Penjual dan pembeli tidak bisa tatap muka sehingga rawan kecurangan
  2. Transaksi dipengaruhi pada tingkat kepercayaan konsumen terhadap toko tersebut
  3. Pelayanan juga tergantung pada jasa pihak ketiga (perusahaan jasa pengiriman barang)
  4. Masih kurang efektif untuk kalangan menengah ke bawah

Toko seperti ini tentu sangat bermanfaat bagi pelaku usaha jual beli, kita sebagai contoh dapat memanfaatkan situs tersebut untuk menjual makanan online, menjual produk elektronik, jual jasa dan lain sebagainya.

2) Tips Cara Membuat Toko Online

Untuk membuka toko online kita tidak harus memiliki produk yang siap jual, kita bisa mulai bisnis ini hanya dengan memiliki foto atau gambar produk yang akan dijual lengkap dengan deskripsi nya. Lalu bagaimana cara membuatnya? 

Untuk membuat toko online ada dua cara yang bisa kita pilih, pertama kita bisa memanfaatkan jasa pembuatan situs yaitu dengan memesan pada penyedia layanan toko online. Cara ini sangat mudah, kita tinggal menghubungi mereka dan menyiapkan biaya yang dibutuhkan.

Untuk biaya yang dibutuhkan sangat bervariasi mulai dari 500 ribu sampai jutaan, tergantung jenis situs yang diinginkan.

Cara kedua yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat sendiri toko online tersebut dengan memanfaatkan penyedia situs gratis. Dalam hal ini kita bisa memanfaatkan layanan dari blog google (blogger). Untuk cara ini anda bisa membuat toko online sederhana dengan langkah sebagai berikut:

1. Membuat akun google
2. Membuat blog (situs) gratis di blogger (blogspot.com)
3. Mencari tema toko online gratis di internet
4. Mengganti tema standar blog dengan template toko online
5. Mempublikasikan situs blog yang di buat tersebut

Untuk cara ini kita bisa belajar sendiri membuatnya atau kita juga bisa meminta bantuan blogger untuk membuatkan situs toko online yang kita butuhkan. Jika anda kesulitan dalam membuat toko online gratis tersebut anda bisa menghubungi saya di profil google.

Dua langkah di atas merupakan cara yang bisa dilakukan untuk membuka toko online yang sangat mudah yang bisa kita terapkan untuk kebutuhan bisnis kita. Saran saya, agar lebih fokus pada penjualan maka kita bisa memanfaatkan jasa orang-orang yang biasa membuat toko seperti ini.

Ingat, toko online sama dengan situs jual beli. Demikianlah sedikit ulasan kali ini, semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dalam mengembangkan bisnis yang sedang kita jalani. Itu saja, sampai bertemu lain waktu.

Cara Buka Toko Online Menjanjikan Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko