Thursday, February 12, 2015

Peluang Usaha Butik (Toko Baju) Untung Besar

Peluang Usaha Butik (Toko Baju) - Tidak suka bekerja sebagai buruh, suka mandiri dan ingin membuka sebuah usaha butik atau usaha toko baju, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik jika ingin sukses.

Persiapan yang matang dan benar adalah kunci yang akan membuka jalan sukses usaha yang didirikan. Jelas, kita perlu tahu langkah apa saja yang harus dijalankan. Untuk usaha butik toko baju kita akan mulai dengan mendalami mengenai peluang usaha tersebut.

Usaha jualan baju memang tidak hanya dilakukan di pasar tradisional saja, kita juga bisa membuka butik baju untuk memasarkan dagangan tersebut. Sebelum membukanya tentu kita perlu tahu prospek bisnis tersebut.

Pada pembahasan ini akan kita kaji bagaimana peluang usaha butik pakaian secara umum. Pembahasan juga akan berisi tentang beberapa hal penting lain seperti misalnya tantangan dan hambatan usaha butik dan solusi mengatasi hambatan usaha butik beberapa kiat atau tips sukses membuka usaha butik baju.

Seperti kita tahu, produk yang dijual dalam jenis usaha ini mempunyai berbagai tema antara lain classic travel and business collections, urban casual, dan men and women’s collections. Tema classic travel and business collections adalah koleksi yang ditujukan bagi wanita dan pria kelas atas yang sering bepergian.

Tema urban casual pangsa pasarnya usia yang lebih muda dan modis dan profesional yang mengikuti perkembangan teknologi, sedangkan men and women’s collection ditujukan pagi wanita yang suka gaya dan menghargai kualitas.

Hal tersebut bisa mendasari beberapa alasan dalam membuka usaha di bidang ini. Alasan dalam membuka usaha butik baju antara lain yaitu dengan memperhatikan kebutuhan pasar yang ada yaitu :
  1. Perubahan gaya hidup yang menjadi fungsi "pemanis" penampilan seseorang.
  2. Perubahan mode yang begitu pesat di bidang fashion, dimana para remaja (di lingkungan sekolah atau universitas) bahkan orang dewasa ingin selalu tampil modis di segala situasi (di lingkungan kerja atau di event-event tertentu) dan selalu up to date dalam mengikuti trend mode yang sedang booming.
  3. Pandangan sebagian konsumen di butik ini lebih bergengsi serta dapat disesuaikan dengan selera. (Sumber: muhamadyusron.wordpress.com)

Mungkin beberapa hal di atas bisa kita jadikan gambaran dan alasan awal untuk kita memilih jenis usaha perdagangan fesyen tersebut. Agar tidak terjebak dengan penafsiran yang dangkal mengenai prospek bisnis ini kita lihat terlebih dahulu beberapa analisa berikut.

1) Analisa Peluang Usaha Butik (Toko Baju)

Target pasar butik ini akan mengikuti mode perkembangan busana baik mereka yang sudah berumah tangga maupun mereka yang masih lajang. Butik ini terdiri dari bermacam jenis, butik impor, butik wanita, butik murah, dan sebagainya bergantung barang apa nanti yang dijual.

Bisnis baju ini mempunyai peluang yang potensial karena dunia fashion itu terus berkembang dan dinamis. Kalau di lihat dari sisi kebutuhan, usaha ini memang tidak akan pernah sepi pembeli. Namun keberhasilan dalam menjalankan usaha ini juga tidak akan semudah saat kita membayangkan pertama kali.

Harus ada persiapan, harus ada aksi nyata dan harus ada komitmen dalam membangun dan mengembangkan usaha butik yang sukses. Jika di lihat dari sisi prospek usaha, apakah usaha ini benar-benar menjanjikan kesuksesan? Seperti yang sering disampaikan, prospek tidaknya sebuah usaha akan tergantung pada banyak faktor.

Memang, untuk usaha ini secara umum prospek atau peluang usahanya bagus namun kita tetap harus mempertimbangkan faktor-faktor lain yang berkaitan. Saat kita ingin mengetahui apakah usaha ini bagus atau tidak kita harus memperhitungkan beberapa hal berikut:

1) Lokasi usaha
2) Daya saing
3) Hambatan dan kendala
4) Analisa usaha travel mobil
5) Ide bisnis home industri yang menjanjikan

Pertama kita harus memperhitungkan benar mengenai lokasi usaha yang akan dipilih. Pemilihan lokasi usaha ini akan berhubungan dengan jumlah asumsi calon konsumen potensial, dukungan sarana dan prasarana serta beberapa faktor lain seperti permodalan dan strategi promosi.

Jika tempat atau lokasinya bagus maka prospek usahanya pun akan bagus juga. Lalu bagaimana kriteria lokasi usaha yang bagus untuk usaha butik? Lokasi usaha yang cocok dan mendukung untuk jenis usaha ini tentu yang mendukung beberapa kriteria berikut:

a. Mudah dijangkau
b. Ramai (memiliki prospek konsumen yang memadai)
c. Memiliki akses jalan yang lancar

Semakin ramai lokasi daerahnya maka akan semakin bagus, semakin maju penduduknya tentu akan semakin berpotensi untuk dijadikan konsumen. Sebagai contoh, usaha butik akan kurang atau sulit berkembang jika didirikan di lingkungan pedesaan yang taraf hidupnya rendah, kalau untuk makan saja mereka sulit pastikan untuk urusan baju akan mereka kesampingkan.

Berbeda dengan lokasi atau daerah perkotaan yang penghasilan masyarakatnya tinggi. Daya saing juga harus kita perhatikan. Kalaupun daerahnya bagus, calon konsumennya banyak tetapi daya saingnya terlalu ketat maka untuk usaha baru kita akan lebih berat, kecuali kita memiliki strategi khusus dalam menghadapi ketatnya persaingan yang ada.

Terakhir, untuk menentukan prospek atau tidaknya usaha ini kita harus memiliki pengetahuan mengenai hambatan dan kendala usaha yang akan dihadapi. Tanpa mengetahui masalah ini sebagus apapun peluang sebuah usaha maka akan sangat mungkin kita sulit bertahan tanpa mengetahui medan yang dihadapi.

Apa saja hambatan yang akan dihadapi untuk usaha batik, dan apa saja solusinya. Maka dari itu kita bisa mencari contoh pemecahan masalah hambatan usaha butik sebagai bahan persiapan dalam menjalankan usaha tersebut. Berkaitan dengan masalah peluang kita juga dapat mencari dukungan beberapa informasi terkait seperti:

- Proposal usaha butik baju
- Usaha toko baju
- Usaha toko baju anak
- Modal usaha toko baju
- Cara usaha toko baju

Sebagai kesimpulan, secara umum peluang butik baju cukup bagus namun kita harus menyesuaikan dengan aspek lain yang berkaitan seperti mengenai lokasi, hambatan, strategi bisnis dan lain sebagainya. Bagus di daerah A belum tentu juga bagus di daerah B, jadi peluang suksesnya berbeda-beda sesuai daerah dan kondisi yang ada.

2) Tips Sukses Usaha Butik atau Toko Baju

Sukses adalah hak semua orang, untuk sukses kita bebas berjuang dengan cara apapun yang tidak merugikan orang lain. Sukses dalam sebuah usaha tidak dapat dibeli dan tidak dapat di jangkau dalam waktu singkat.

Sebuah kesuksesan - tak terkecuali dengan usaha butik - harus dengan susah payah kita raih dan kita pertahankan. Masing-masing orang memiliki strategi sendiri dalam meraih kesuksesan. Sebuah jalan sukses pun tidak bisa diturunkan dari dan kepada orang lain.

Cara saya mendapatkan kesuksesan belum tentu akan menghasilkan kesuksesan yang sama untuk anda, karena itulah sukses adalah merupakan pilihan yang sulit. Jika kita ingin sukses usaha, di bidang apapun termasuk bisnis butik kita harus mulai dengan menjadikan diri kita sebagai pribadi yang sukses.

Jika kita ingin sukses dalam mendirikan usaha ini tentu kita juga harus membekali diri dengan kemampuan dalam mengelola usaha. Mau tidak mau caranya adalah dengan banyak belajar. Kita harus mempelajari banyak hal mulai dari manajemen diri, manajemen usaha, manajemen keuangan dan sebagainya.

Selain itu ada beberapa kiat dalam memulai usaha ini. Beberapa kiat atau tips untuk memulai dan menjalankan usaha butik adalah sebagai berikut:

1) Pilih target market yang jelas
2) Hindari persaingan yang terlalu ketat
3) Berikan produk terbaik dan berkualitas
4) Buat pembukuan
5) Terapkan manajemen bisnis yang baik, benar dan sesuai

Itulah sedikit kiat dalam memulai usaha ini. Semoga dengan adanya kiat tersebut kita dapat membekali diri dengan kemampuan yang lebih baik guna memecahkan semua persoalan atau hambatan usaha yang akan di hadapi.

Sampai disini saja pembahasan awal untuk peluang usaha toko baju, mudah-mudahan bisa menjadi tambahan bahan pertimbangan kita semua dalam memilih dan menentukan usaha yang akan dijalankan ke depan. Lain waktu akan kita bahas lagi beberapa artikel lain yang berhubungan dengan usaha butik tersebut. 

Peluang Usaha Butik (Toko Baju) Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko